Selasa, 03 Februari 2015

Mitos dan Fakta Tentang Android??

Room Rom - Android mungkin bisa dikatakan OS untuk smartphone terbaik saat ini karena bisa dilihat dari penggunanya yang melebihi 70% dari pengguna smartphone. Tetapi walaupun begitu, tetap saja masih ada yang mempunyai fikiran negatif kepada Android. Pernyataan tersebut mereka dapatkan kebanyakan dari mulut ke mulut tanpa berdasarkan penelitian mereka sendiri. Tapi apakah benar pernyataan-pernyataan yang mereka katakan?? Mitos atau Faktakah hal-hal tentang android yang mereka katakan? 

Mitos dan Fakta tentang Android

1. Cara pengoperasian yang ribet.

Ini pernyataan awal yang menurut saya terlalu fanatik terhadap OS lain selain android yang digunakan. Karena pada dasarnya semua hal akan terasa ribet ketika pertama kali mencoba. Tetapi akan nyaman ketika telah terbiasa. Justru Tampilan android semakin lama semakin mudah digunakan karena OS yang selalu update.

2. Baterai Android Boros

Fakta androidPernyataan ini sebenarnya tidak bisa dimasukkan ke mitos karena memang benar adanya. Tapi perlu diketahui juga, Semua smartphone pasti boros baterai, karena banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Kemudian bertebaran juga Aplikasi untuk penghemat baterai, sebenarnya itu hanya meminimalisir dari penggunaan aplikasi aja. Kalau kita memerlukan banyak aplikasi yang dibuka, percuma saja menggunakan aplikasi penghemat baterai sebagus apapun. Jika Anda ingin hemat baterai, saya sarankan jangan pakai smartphone aja. tapi pakai Handphone Nokia 3315 aja atau hape apa aja yang cuma bisa telpon sama sms doang.:-D

3. Kalibrasi Baterai untuk menambah umur baterai.

Banyak yang mengatakan "kalibrasi aja baterainya biar tahan lama. Caranya: kosongkan baterai sampai 0% kemudian isi sampai penuh". Untuk kata kalibrasi, mungkin bisa dikatakan benar, tapi tidak untuk tujuan baterai biar tahan lama. Kecuali setiap charger baterai setelah kalibrasi tersebut anda harus charge ketika baterai sudah habis, dan jangan menggunakannya ketika dicharge. Tapi susah kan untuk smartphone???

4. Pasang Anti Virus agar Android Aman.

Bingung juga saya memasukkan pernyataan ini ke Mitos atau Fakta. Yang pasti sih sampai saat ini Android merupakan Operasi sistem yang cukup aman, walaupun kini sudah beredar berita ancaman adanya malware
yang mengintai aplikasi android. dan bocornya heartbleed. Tapi percayalah Android masih aman, yang penting pengguna lebih hati2 ketika install aplikasi (sebaiknya langsung dari play store saja) dan selalu update firmware anda ke yang terbaru.
Memasang Anti Virus justru akan memberatkan Smartphone anda, karena biasanya Antivirus akan memakan Ram yang cukup besar. Tetapi jika Smartphone yang anda gunakan sudah high end dan memiliki ruang kosong untuk Ram yang besar, tidak ada ruginya juga jika anda memasang Anti Virus di Smartphone anda

5. Root Android dapat membuat Smartphone menjadi lebih maksimal

Yang masih menganggap pernyataan diatas adalah benar, saya sarankan agar anda membaca lebih lengkap Istilah-istilah dalam Android dulu supaya lebih faham. Tetapi disini akan saya jelaskan sedikit.
Proses Root fungsinya untuk mengizinkan pengguna membuka/merubah sistem yang bawaan dari Pabriknya sudah diprotect dengan tujuan supaya sistem aman. Ketika pengguna sudah bisa membuka system tersebut, Pengguna bisa mengkustomisasi Androidnya sesuai keinginan orang tersebut. Jika sudah ahli, dan mengerti sistem android mungkin benar jika smartphone akan menjadi maksimal. Tapi jika sebaliknya, jangan harap tujuan root yang anda bayangkan menjadi maksimal akan terwujud. Bisa jadi Smartphone anda malah lebih parahnya bisa brick/mati total.

6. Semua Tipe Android bisa di upgrade setingkat lebih tinggi (gingerbread to ICS, ICS to Jelly bean, Jelly bean to kitkat)

Tidak semua tipe android bisa diupgrade seperti pernyataan diatas. Untuk dapat diupgrade ada beberapa pertimbangan, diantaranya spesifikasi hardware, dukungan vendor, jaminan kualitas (jika diupgrade kualitas akan menurun), strategi pemasaran vendor (jika smartphone lama bisa diupgrade, maka produknya yang terbaru akan kurang laku) Tetapi beberapa HH malah bisa upgrade 2 tingkat lebih tinggi jika memang mendukung.

Demikian beberapa Mitos dan fakta yang mungkin sering anda dengar atau bahkan sudah anda percayai. Semoga dapat membukakan mata androiders tentang pemahaman android yang mungkin selama ini sedikit tidak sesuai dengan kenyataan.
Baca juga : Menonton TV di Android Tanpa koneksi internet