Kamis, 05 Februari 2015

Fitur Tersembunyi Pada Android LollyPop 5.0

Room Rom - Android 5.0  Lolly Pop merupakan update terbesar yang dilakukan oleh google pada Operasi system Android. Kini Smartphone Android keluaran baru sudah mulai menggunakan versi android terbaru ini. Mendengar update yang dikatakan terbesar, tentunya harus banyak dong perubahan yang dilakukan. Namun apa saja perubahan-perubahan yang ada di Android Lolly pop?? Anda bisa buka di Fitur Android versi 5.0 Lolly pop. Apakah hanya begitu saja perubahan yang terjadi?? Tidak Androiders, ternyata selain fitur terbaru android yang saya share di postingan sebelumnya, ada juga fitur-fitur terbaru yang tersembunyi di Android versi terbaru ini. Dan mungkin pengguna yang baru memakai gadget dengan OS android Lolly pop pun belum tentu mengetahuinya. Langsung saja Om kita buka bareng-bareng..

Berikut beberapa diantara Fitur tersembunyi pada Android Lolly Pop 5.0 :

  1. Flappy Bird Clone Easter Egg

Google selalu menyelipkan easter egg di setiap rilis terbaru androidnya, dan tanpa terkecuali Android 5.0 Lolly Pop. Dan di Android LolliPop, Easter Eggnya adalah Flappy bird Clone. Namun lebih tepatnya sih Flappy Android aja yah disebutnya?? Karena Flappy bird yang di versi game aslinya adalah burung, di Android Lolly Pop ini Burung tersebut digantikan dengan Robot Hijau Android.
Untuk memainkannya sangatlah gampang, Caranya : Masuk menu Setting --> About Phone,  kemudian tekan berulang kali versi android sampai berubah ke layar LolliPop. Tekan lama pada LolliPop, maka permainan pun akan muncul. Enjoy your games!!
Flappy Android Clone Easter Egg

2. Smart Lock

Android Lollipop memiliki fitur penguncian baru yang disebut 'Smart Lock' yang akan membuat Anda dapat mengamankan perangkat  lebih mudah dari sebelumnya. Fitur Ini memungkinkan Anda melewati layar kunci aman ketika Anda berada dalam "lingkungan terpercaya." Ini berarti bahwa jika Anda terhubung ke perangkat Bluetooth yang dikenal atau perangkat NFC diaktifkan seperti smartwatch, stereo mobil, atau bahkan stiker NFC, Anda tidak perlu repot-repot masuk pola Anda, PIN, atau sandi.
Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings -> Security -> Smart Lock dan mengatur mana perangkat Bluetooth yang dipercaya.

Smart Lock LollyPop

 3. Screen Pinning

Untuk mengambil keamanan ke tingkat lain, Google telah menambahkan fitur baru yang disebut "Screen Pinning" yang memungkinkan Anda untuk pin layar khusus untuk perangkat Android Anda.
Dengan mengaktifkan fungsi ini, tidak ada pengaturan atau aplikasi lain dapat dibuka kecuali screen yang sudah anda Pin (disematkan). Ini bisa berguna ketika Anda berada dalam situasi untuk menyerahkan ponsel Anda ke teman Anda atau orang tak dikenal.
Untuk mengaktifkan Screen Pinning, masuk ke Settings -> Security dan beralih 'Screen Pinning' ON. Selanjutnya buka layar Anda ingin pin, tekan tombol 'Ikhtisar/Overview' (sebelumnya multitasking), gulir ke atas dan tekan ikon pin di bagian bawah kanan aplikasi yang terbuka.
Untuk mencopot aplikasi, cukup tekan agak lama 'Kembali' dan 'Ikhtisar' tombol secara bersamaan.


4. Pemberitahuan Prioritas (Priority Notification)

Ketika datang ke peringatan dan pemberitahuan, Android 5.0 Lollipop memiliki mode prioritas baru, yang memungkinkan Anda mengontrol bagaimana Anda menerima notifikasi. Hal ini mirip dengan 'Do Not Disturb' mode di iOS 8 yang memungkinkan Anda membungkam telepon Anda pada waktu tertentu setiap hari sehingga Anda tidak akan terganggu.
Anda juga dapat memilih kontak yang diizinkan melalui blokade pemberitahuan. Untuk memanfaatkan mode prioritas, pergi ke Settings -> Sound & notification> Interuptions. 
 

5. Battery Saver

Baterai saver merupakan salah satu yang terbaik fitur baru Android Lollipop . Ketika diaktifkan, maka akan mematikan getaran, memotong data latar belakang dan mengurangi kecerahan. Anda dapat dapat mengaktifkan secara manual atau set ke otomatis ketika baterai Anda sebesar 15% atau 5%. Anda akan tahu itu bekerja ketika status bar berwarna oranye-merah. Untuk mengatur baterai saver,masuk ke Settings -> Baterai -> tekan tombol 'Menu'.
Cara setting battery saver Lollipop
 

 6. Multiple User

Sekarang mungkin untuk mengatur beberapa pengguna pada Android. Ada tiga jenis account yang dapat Anda atur pada Lollipop. Pertama account pengguna, yang memiliki akses penuh ke pengaturan dan aplikasi. Kedua, Account tamu, yang tidak akan merekam atau menyimpan apapun yang orang akan lakukan dalam akun ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi Anda menjadi kacau. Akhirnya, ada rekening profil, yang memungkinkan pemilik membatasi bagaimana perangkat digunakan - menonaktifkan aplikasi tertentu misalnya. Anda dapat dengan cepat menambahkan account baru dengan merekam ikon profil di sudut kanan kunci layar, atau dengan masuk ke menu pengaturan utama. Jika Anda ingin menambahkan pembatasan dan mengelola setiap account, masuk ke menu pengaturan utama dan pilih 'Pengguna'.
Multiple User Android

 7. Lampu Senter

Ada juga sekarang fungsi senter built-in di Lollipop. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu men-download aplikasi pihak ketiga lagi.. Senter ditemukan di bar notifikasi. Hanya menggeser bawah bidang pemberitahuan dari bagian atas layar dengan dua jari kemudian tekan 'Senter'. Harap dicatat bahwa aplikasi ini hanya akan bekerja jika perangkat Anda dilengkapi lampu kilat LED bersama kamera. 
 

 8. Cari Pengaturan

Android lollipop memasukkan fungsi baru yaitu pencarian pengaturan yang memungkinkan Anda secara khusus mencari menu pengaturan. Ketika Anda masuk ke app Settings, Anda akan melihat ikon kaca pembesar pencarian baru di bagian kanan atas. Tampaknya pada sebagian besar halaman dalam aplikasi Settings.
Untuk menemukan apa yang Anda butuhkan, cukup tekan kaca pembesar di pojok kanan di menu pengaturan dan ketik apa yang Anda cari. Daftar hasil yang relevan maka akan muncul saat Anda mengetik.

9.Tap & Go 

Android Lollipop juga membuat lebih mudah untuk bermigrasi konten dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan memasukkan Tap & Go. Dengan fitur ini, Anda sekarang akan dapat dengan cepat mentransfer semua data yang didukung pada akun Google Anda dari ponsel lama termasuk  aplikasi dan data.
"Tap dan Go" menggunakan NFC untuk memasangkan dua perangkat dan menggunakan Bluetooth untuk mengirimkan semua rincian dari ponsel lama Anda untuk dipasang ke telepon baru.
Tap And Go Lollypop
 

 10. Tap To Wake

Tap To Wake adalah fitur lain yang berguna dari Google yang disematkan pada Lollipop. Alih-alih sebelumnya anda harus menggunakan tombol power, kini Anda dapat hanya mendobel sentuh layar untuk membangunkan perangkat Anda.