Sabtu, 17 Januari 2015

11 hal yang menakjubkan yang bisa dilakukan android

Lewatlah sudah masa lalu ketika ponsel digunakan hanya panggilan dan SMS. Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone, dan fleksibilitas mereka tak terbantahkan lagi. Alat ini mengambil foto dan video, mengirim email bolak-balik, memungkinkan kita untuk mengakses web, dan menjalankan aplikasi dari semua jenis. Smartphone telah menjadi alat untuk menangani keuangan dan untuk mengelola agenda. Juga bisa menghibur kita ketika kita bosan dengan aplikasi dan game yang tak terbatas. Selain itu dengan fitur GPS kita tidak dapat dengan mudah untuk mencari lokasi yang kita inginkan.

Android 3D keren

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan diatas, tapi apakah Anda tahu? bahwa smartphone juga bisa mendiagnosa mobil Anda, baca chip tertanam dalam dokumen, dan bahkan bertindak sebagai do-it-yourself mikroskop? Jika hal ini membuat Anda menaikkan alis, maka pekerjaan-pekerjaan aneh dan menakjubkan dari smartphone ini akan mengejutkan anda. Berikut diantaranya:

 1. Mendeteksi cahaya infra red

Mata kita memang tidak bisa melihat dengan mata telanjang cahaya infra red. Tetapi kamera smartphone ini memang sensitif terhadap radiasi IR, dan jika Anda ingin mencobanya sendiri, cukup menggunakan remote control umum yang menggunakan sinar Infra red. Sinar inframerah yang dipancarkan saat tombol ditekan akan menunjukkan sebagai cahaya putih atau ungu di viewfinder aplikasi kamera Anda. Anda dapat menggunakan trik ini untuk memeriksa apakah baterai remote control sudah mati ketika berhenti bekerja.

2. Membaca data dari paspor menggunakan NFC

Banyak negara sekarang mengeluarkan paspor dengan tertanam chip RFID. Alat tersebut Menyimpan data  tentang pemilik dokumen, termasuk foto dan scan sidik jari mereka. Dan ternyata, beberapa informasi pemilik dapat ditarik dengan menggunakan NFC radio smartphone dan aplikasi yang dibuat untuk tujuan tersebut. Tetapi walau bagaimanapun, alat ini tidak akan bekerja pada semua paspor. Lihatlah thread ini di XDA-Developers untuk mempelajari paspor negara yang dapat dipindai oleh smartphone.
Android Near field communication


3. Padukan dengan headset Bluetooth untuk shutter kamera jarak jauh

Tidak perlu tombol narsis untuk shutter kamera jarak jauh, ternyata headset Bluetooth pun dapat digunakan sebagai remote untuk kamera smartphone. Ini akan menjadi salah satu alternatif bagi anda yang menyukai selfie! Tetapi saat ini fitur ini belum bisa digunakan di semua perangkat smartphone dan headset bluetooth yang ada. Terlebih lagi, Anda berada pada Anda sendiri dalam mencari tahu tombol atau kombinasi tombol yang membuat kamera pergi.

4. Membuat uang dengan pertambangan Bitcoins

Yup, smartphone Anda dapat menambang Bitcoin dan cryptocurrencies lainnya. Anda tidak akan menjadi miliarder dalam semalam,. Namun, Anda mungkin akan membuat beberapa sen per hari Itu sebabnya menggunakan smartphone untuk tujuan tersebut adalah praktis, belum lagi bahwa tugas memberatkan cepat akan membuat internal yang memanas. Namun, dingin mengetahui bahwa smartphone bisa menjadi penambang Bitcoin, meskipun satu rendah hati.


5. Bantuan menyembuhkan kanker

Percaya atau tidak, smartphone dapat digunakan dalam perang melawan kanker dan penyakit yang sulit disembuhkan lainnya. Menggunakan aplikasi gratis bernama Samsung Daya Sleep, seseorang dapat menyumbangkan daya komputasi perangkat mobile mereka untuk penyebabnya. Perangkat lunak ini menganalisis data pada malam hari, saat terhubung ke pengisi daya, dan kemudian upload hasil untuk membantu para peneliti dalam studi anti-kanker mereka. Kekuatan HTC Untuk Berikan aplikasi bekerja dengan cara yang sama, dan kekuatan pemrosesan dapat disumbangkan ke berbagai proyek kesehatan, lingkungan, dan ilmiah.

6. DIY mikroskop, tambahkan air

Hebatnya, itu hanya membutuhkan setetes air bersih pada lensa kamera untuk mengubah smartphone menjadi mikroskop amatir DIY. Setetes air, yang secara alami mengadopsi bentuk bulat, bertindak sebagai lensa, yang memungkinkan kamera untuk fokus dari jarak kurang dari setengah inci. Tapi berhati-hatilah ketika Anda mencoba ini jika tidak air masuk ke dalam ponsel Anda. Kalau mau yang lebih aman, bisa juga ditambahkan lensa fokus. Tetapi ya mungkin harus memerlukan biaya tambahan.


7. Melakukan diagnosa mobil, OBD-II (menjadi kotak hitam)

Sebuah OBD (singkatan on-board diagnostik) adalah perangkat yang dihubungkan ke unit komputer mobil. Hal ini digunakan untuk memonitor status sistem kendaraan dan untuk mendiagnosa masalah yang mungkin terjadi, seperti yang ditunjukkan oleh cahaya kuning samar pada dashboard Anda. Dan dengan bantuan dongle yang dapat Anda beli online, smartphone Anda dapat berfungsi sebagai OBD yang melaporkan data mobil secara real time. Anda akan membutuhkan aplikasi pendukungnya juga.

8. Terhubung ke USB stick atau mouse

Dengan Android USB on-the-go , kita dapat menghubungkan perangkat USB yang paling umum untuk smartphone berbasis Android yang lebih baru dan tablet. Stik USB dapat dihubungkan untuk transfer file, dan mouse USB yang terhubung dapat digunakan untuk navigasi UI. Anda kemungkinan besar akan membutuhkan Kabel USB on-the-go untuk mencoba cara ini. 
Note : Tidak semua Android support USB on The Go, lihat spesifikasi  perangkat anda 


9. Mengukur menjauhkan dengan kamera

Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa ini benar-benar bekerja.  Apps jarak ukur tidak bisa cocok dengan ketepatan instrumen yang dibuat untuk tujuan tersebut, tetapi dapat membuktikan cukup baik ketika pengukuran kasar. Android menggunakan trigonometri untuk menghitung perkiraan jarak antara pengguna dan objek terlihat. Untuk mendapatkan jarak, Anda hanya perlu memasukkan ketinggian, di mana Anda memegang smartphone, dan untuk tujuan crosshair di dasar objek.

10. Ukur ketinggian dan tekanan udara

Dan berbicara tentang pengukuran, smartphone juga dapat menyediakan data (agak diandalkan) ketinggian menggunakan radio GPS. Model-model baru juga dapat mendeteksi posisi mereka di atas permukaan laut dan tekanan atmosfer menggunakan built-in barometer.

11. Menonton televisi secara offline

Jika Menonton TV menggunakan koneksi internet (streaming) mungkin sudah tidak aneh lagi, dan ternyata tanpa koneksi internet pun bisa. 
Klik disini untuk lebih lengkapnya : Menonton TV di android tanpa koneksi internet