Rabu, 30 Desember 2015

Tips mengambil Foto keren dengan Smartphone

Tips mengambil Foto keren dengan Smartphone - Smartphone dengan segala kecanggihannya, bisa membuat penggunanya menjadi seorang fotografer hanya dengan menggunakan perangkat kecil yang serbaguna ini. Tentunya semakin tinggi kualitas kamera Smartphone yang Anda punya, semakin bagus pula hasil dari gambar yang Anda ambil.
Namun faktor kualitas kamera tidak menjadi patokan dalam menghasilkan gambar yang bagus. Tanpa trik-trik khusus dalam pengambilan gambar, maka hasilnya akan kurang maksimal. "Kualitas kamera penting, namun kualitas pengambil foto yang lebih penting" Berikut Room Rom akan berbagi tips mengambil foto yang keren dengan menggunakan Smartphone agar hasil dari pemotretan Anda bisa lebih maksimal.


Tips mengambil Foto keren dengan Smartphone

 

1. Atur Fokus secara manual


Faktor pertama yang cukup penting adalah pengaturan fokus. Fokus otomatis biasanya cukup baik dan akan melakukan tugasnya di sebagian besar keadaan, tapi lebih baik menggunakan fokus secara manual agar hasil yang didapat sesuai keinginan.
Cara termudah untuk mendapatkan fokus di mana Anda ingin menggunakan adalah dengan menyentuh titik pada layar Anda yang ingin Anda fokus seperti pada (wajah seseorang misalnya) dan telepon Anda akan otomatis menyesuaikan. Ini merupakan perubahan kecil dengan dampak yang sangat besar.

2. Gunakan kedua tangan


Ketika Anda mencoba untuk mengambil gambar dengan menggunakan satu tangan, hasil dari foto sering menjadi buram / blur. Memegang telepon dengan kedua tangan, bukan hanya satu dapat membuat lebih mudah untuk tetap stabil, meningkatkan fokus foto Anda. Jika Anda menemukan sesuatu yang datar untuk dijadikan tumpuan tangan Anda, Hal ini membuat kamera lebih stabil dan akan menghasilkan jepretan yang jauh lebih baik.

3. Shutter Speed (Kecepatan Rana)


Dalam istilah sederhana, kecepatan rana mengacu pada lamanya waktu sensor kamera Anda terkena cahaya. Jadi kecepatan rana akan mengambil gambar seolah-olah itu membeku dalam waktu, dan menghasilkan lebih halus tembakan rinci, dengan setiap pixel dalam fokus.

Kecepatan lambat, di sisi lain, akan memperlambat segala sesuatu yang bergerak, sehingga bekerja dengan sangat baik untuk jepretan saat malam dari kota atau jalan-jalan. Ini umumnya ide yang baik untuk menggunakan tripod saat mengambil gambar dengan kecepatan rana yang lebih lambat.

4. Atur ISO


ISO adalah tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya yang tersedia. Semakin rendah angka ISO, maka kurang sensitif terhadap cahaya, dan semakin tinggi angka, maka semakin sensitif. Dengan ISO tinggi (sensitivitas) kamera dapat menangkap gambar dalam cahaya rendah tanpa flash tapi gambar akan menjadi sedikit lebih kasar. Panggilan pencahayaan yang terang untuk nilai ISO yang lebih rendah, dan foto akan cenderung terlihat lebih tajam.Untuk perangkat yang agak lama / jadul, fitur ini mungkin tidak ada, tapi Anda bisa download aplikasi kamera pihak ketiga yang mempunyai fitur ini.

5. Mode Panorama

Ada waktu dan tempat tertentu di mana tembakan standar kurang sempurna hasilnya. cobalah Anda menggunakan modus Panorama. Sangat berguna untuk pemandangan atau pandangan yang luas. modus Panorama memungkinkan Anda menyapu subjek yang Anda pilih selama beberapa detik sebelum menggabung semua frame dalam satu foto yang sangat luas. Tidak semua smartphone memiliki fitur ini, tetapi ada aplikasi pihak ketiga juga yang sudah mempunyai fitur panorama.

6. Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat sangat penting untuk fotografi yang baik, tapi ada lebih dari satu jenis cahaya yang tepat, itu tergantung sepenuhnya pada apa yang akan Anda Foto. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak boleh menembak langsung ke cahaya, jadi cobalah untuk mendapatkan sumber cahaya (baik alami atau buatan) di belakang Anda supaya hasil lebih bagus.

7. Waktu yang tepat

Seperti yang dibahas diatas, jika Anda berencana gambar dari sesuatu, atau seseorang,harus mempertimbangkan cahaya. Ini masalah yang cukup subjektif, tetapi kebanyakan fotografer akan memilih pagi hari dan malam hari agar hasil yang didapat lebih bagus dan menarik.

8. Hindari Zoom (lebih baik mendekati objek)

Digital zoom berbeda dengan optical zoom, dalam hal ini tidak benar-benar memperbesar pada objek, Zoom pada smartphone hanya memperbesar piksel individu dalam sebuah gambar, sehingga foto akan menjadi pecah. Solusinya cukup sederhana, bergeraklah lebih dekat ke objek yang Anda ingin ambil foto.

9. Bermain dengan Perspektif

Foto tidak selalu harus diambil di tingkat mata. Itu sudah jelas ketika Anda melihat fotografer, Ada yang berlutut, tergeletak di tanah dan beberapa bahkan membawa bangku kecil untuk mendapatkan tampilan yang berbeda. Anda perlu bereksperimen dengan ketinggian yang berbeda, Anda mungkin akan terkejut dengan perbedaan yang Anda dapatkan.

Itulah Tips mengambil foto agar terlihat keren walaupun bermodalkan Smartphone yang Anda punya. Semoga bermanfaat....