Kamis, 22 Oktober 2015

Aplikasi untuk mengukur tingkat radiasi Smartphone Android

Radiasi adalah Sebuah pancaran energi yang melalui suatu ruang atau materi dalam bentuk panas, partikel, ataupun gelombang elektro magnetic / cahaya (foton) dari sumber radiasi. Secara umum radiasi banyak dihasilkan oleh berbagai peralatan elektronik atau peralatan listrik di sekitar kita, seperti televisi, lampu penerangan, microwave, komputer, hp dan smartpnone dll.
Pada HP / Smartphone terdapat istilah transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF(radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.
Ternyata radiasi yang ditimbulkan oleh Smartphone / HP mempunyai dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan oleh radiasi tersebut diantaranya: Kanker, Tumor Otak, Alzheimer, Parkinson, dll. Untuk itu kita harus waspada dalam penggunaan Smartphone kita. Agar kita dapat mengetahui seberapa besar Radiasi yang ditimbulkan oleh HP / Smartphone yang kita punya, Anda bisa gunakan Aplikasi Quanta Monitor. Aplikasi ini tersedia untuk Smartphone Android.



Cara menggunakan Aplikasi untuk mengukur tingkat radiasi Smartphone Android:

  • Download Aplikasi Quanta Monitor via Play Store. Klik Disini
  • Install dan Buka aplikasi Quanta Monitor
  • Tab pertama yang langsung terbuka adalah SAR (Specific Absorption Rate). Ini adalah tab untuk  mengukur paparan radiasi elektromagnetik dan frekuensi radio dari smartphone yang dapat terserap oleh tubuh. Jika jarum indikatornya masih menunjukkan area hijau, berarti masih aman. Tetapi kalau sudah kuning atau merah, maka tingkat radiasi di HP Android kamu sudah cukup berbahaya bagi tubuh.
  • Tab yang kedua adalah Power Density. Disini Kamu bisa mengukur energi dan radiasi yang dilepaskan oleh smartphone kamu per unit volume. Cara memantaunya juga sama seperti tab pertama. Jika jarum indikatornya menunjukkan area hijau, berarti aman. Tetapi kalau sudah merah, maka tingkat radiasi di HP Android kamu sudah dalam taraf berbahaya.
  • Tab ketiga adalah Cumulative. Tab ini dapat kamu gunakan untuk melihat radiasi yang dilepaskan oleh smartphone kamu setiap harinya. Terdapat laporan harian dalam bentuk grafik yang jelas dan mudah dipahami.
Nah, sekarang kamu sudah bisa melihat bagaimana kadar radiasi yang ditimbulkan oleh Smartphone kamu. Saran saya sih untuk menghindari efek buruk radiasi dari Smartphone adalah Gunakanlah smartphone sesuai kebutuhan kamu. Jangan terlalu berlebihan. Hindari berdekatan dengan smartphone ketika tidur. Dan masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menghindari efek buruk dari Smarphone
Baca juga:  Cara Download Foto / Video di Instagram