Jumat, 06 Februari 2015

Cara Mengaktifkan Recycle Bin di Android

Room Rom - Bagi Anda pengguna komputer yang menggunakan Operasi system Windows, tentu tidak asing lagi dengan Recycle bin. Iconnya berbentuk tempat sampah karena fungsinya memang untuk penyimpanan data/file yang sudah dibuang/didelete. Dengan adanya Recycle bin ini, pengguna bisa mengembalikan file/data walaupun sudah terhapus jika belum benar-benar dimusnahkan dari recycle bin. Fitur ini sangatlah membantu ketika ada file yang terhapus secara tidak sengaja, ataupun sengaja dihapus tetapi ingin mengembalikan file tersebut. Namun bagaimana dengan Android???

Secara bawaan dari Operasi system Android, mereka tidak memiliki fitur ini. Maka jika kita tidak sengaja menghapus file, hilanglah sudah. Pasti sangatlah menyesal jika file yang terhapus tersebut sangatlah penting dan belum dibackup sama sekali. Tapi Anda jangan khawatir.. Walaupun secara umum android tidak mempunyai fitur Recycle bin, ada aplikasi pihak ketiga bernama "Dumpster" yang bisa anda gunakan sebagai pengganti recycle bin. Cara kerjanya sama persis dengan recycle bin pada windows.

Cara mengaktifkan Recycle bin di Android dengan Dumpster : 

  •  Download dan install dulu aplikasi dumpster. Download  
  •  Setelah Terinstall, buka aplikasi tersebut, dan terima/Accept ketika muncul "end user licence agreement"
    end term user agreement
  • Pada pengaturan awal, atur apa saja jenis file yang ingin anda masukkan ke recycle bin ketika anda menghapus file. Jika sudah, tekan tombol next.
    Cara setting Dumpster
Catatan: Jika Anda memiliki perangkat Android yang telah di root, Anda dapat mengaktifkan "Izinkan Akses Root"agar aplikasi ini berjalan dengan baik

Hanya dengan 3 langkah diatas, Android Anda pun sekarang sudah mempunyai Recycle bin layaknya Windows. Sekarang anda tidak usah khawatir ketika file penting Anda terhapus secara tidak sengaja. Cukup buka Aplikasi dumpster, cari file yang telah terhapus, kemudian  pilih restore.
Penting harus anda ingat!!! Setiap anda menghapus file dan masuk ke dumpster, maka file akan tetap memakan memori pada Smartphone anda. Jika anda ingin mengosongkan memori anda, anda harus mengosongkan file yang ada di Dumpster juga. 
Terima kasih telah membaca artikel ini... Semoga bermanfaat...
Baca juga: 11 hal yang menakjubkan yang bisa dilakukan android