Selasa, 25 November 2014

Benarkah Baterry Double Power mempunyai kapasitas 2 X lipat??

Room Rom - Bagi pengguna smartphone, Baterry merupakan part yang sangat penting. Karena konsumsi daya dari smartphone sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan karena operasi sistem pada smartphone terus bekerja, tidak seperti ponsel biasa yang bekerja hanya ketika dibutuhkan saja..
Dari latar belakang diatas tersedialah bermacam-macam battery di pasaran. Mulai dari yang original, KW, dan Battery double power/high capacity.

Apa perbedaan dari ketiga battery tersebut??

Untuk Battery Original, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya karena memang battery tersebut sudah
melalui uji dan disesuaikan dengan capacity Ponsel itu sendiri. Yang kedua adalah battery imitasi atau yang sering kita sebut KW, ini biasanya dipakai oleh yang lebih menginginkan harga yang sangat murah. Dan yang terakhir adalah Double Power / High Capacity Battery yang katanya mempunyai daya 2 kali lebih besar dari battery original. Tapi apakah benar Battery ini mempunyai daya 2 kali lipat??? Inilah yang akan kita bahas sekarang...

High capacity battery
Battery Double power

Benarkah Battery Double Power mempunyai kapasitas 2 X lebih besar??

Untuk membuktikan kebenaranya, saya sarankan anda mencoba sendiri dengan alat yang bernama Battery Analyzer. Tapi akan saya jelaskan sedikit sifat battery double power yang umumnya menggunakan bahan Lithium ion. Battery jenis ini tidak mungkin bisa lebih besar kapasitasnya selama ukuran, berat dan bahannya (lithium ion) sama. Jika anda coba berfikir lagi secara logika, apabila dengan ukuran berat dan bahan bisa mempunyai kapasitas lebih, mungkin pabrik handphone pun akan menyediakan battery dengan kapasitas seperti itu. Karena pembuat Handphone pun pasti sudah melakukan uji coba dan disesuaikan dengan kapasitas handphone tersebut. Oleh karena itu bisa saya pastikan untuk battery double power itu bohong. kalaupun memang kapasitasnya melebihi original, tidak akan beda jauh dengan battery original.

Jadi, apakah battery double power tidak bagus?? 

Tidak Juga, hanya saja kapasitasnya jangan mengharapkan sesuai dengan labelnya. Paling sama saja dengan battery original. Karena saat ini belum ada yang menjamin kapasitas di label tersebut. Para importir memberikan label double power hanya untuk menarik minat pembeli saja.
Untuk keamananya pun tidak usah khawatir, karena rata-rata sudah memakai IC protectionnya. Jadi ketika terjadi korslet / terlalu lama charge, battery tetap aman (tidak akan terbakar).

Berapa lama ketahanan Battery Double Power??

Seperti telah saya jelaskan diatas, untuk ketahanan battery double power tidak akan beda jauh dengan battery original. Bahkan bisa kurang dari battery original. Ketahanan bergantung pada konsumsi daya Handphone yang anda pakai. Kecerahan layar, aplikasi yang berjalan di latar belakang (semakin banyak aplikasi berjalan, semakin boros battery), sinyal operator (semakin lemah semakin boros)

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas :
  • Kapasitas pada Battery Double power  tidak akan sama dengan yang tertera di label battery tersebut (bisa anda buktikan dengan battery analyzer)
  • Battery double power aman dipakai selama pemakaian batterynya benar, hanya saja kapasitas tidak akan beda jauh dengan battery original.
  • Disarankan membeli battery original saja jika menginginkan battery dengan kualitas bagus, karena sudah diuji dan disesuaikan dengan ketahanan handphone anda.