Minggu, 19 Februari 2017

Jenis ROM yang di pakai di smartphone xiaomi

Pada Artikel ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis ROM Xiaomi yang bernama MIUI.ketika memutuskan untuk menggunakan smartphone xiaomi,pasti ada pertanyaan room apa sih ini room apa sih itu dan Banyak sekali yang bertanya bagusan mana sih ROM Dev apa ROM Stable, ada juga yang bertanya bagusan Stable China apa Global yah pertanyaan seperti itu tidak terhindarkan lagi bagi mifans (sebutan untuk pengguna smartphone Xiaomi)
Karena pada intinya MIUI adalah sebuah CUSTOM ROM pihak ketiga yang dikembangkan oleh XIAOMI Tech yang berdiri Tiongkok.sama dengan TouchWiz milik Sasmsung, IOS milik Apple dan MIUI milik Xiaomi

Jenis room xiaomi


Ada beberapa jenis ROM yang dihadirkan oleh Xiaomi yaitu 

ROM DISTRIBUTOR
STABLE ROM : China dan Global
DEPELOVER ROM : China dan Global

Ok.langsung aja penjelasannya dibawah ini

1. ROM Distributor (tidak disarankan untuk menggunakan room ini)

ROM Distributor ini adalah asli dan resmi dari Xiaomi akan tetapi ROM ini sudah di modif oleh Distributor yang tidak resmi istilahnya blackmarket. dengan kepentingan pribadinya rom ini jadi tidak stabil banyak ruginya seperti : banyaknya iklan (malware),memakan banyak kuota,hh cepat panas boros battery atau biasa disebut juga bloatware.
Adapun ciri ciri ROM Distributor
Cukup mudah kok membedakannya kita bisa lihat dari Versi MIUI nya rom distributor lebih banyak angka nya bisa lebih dari 5  contoh : v7.1.9.0.0.0
Tidak akan dapat update rom otomatis
Biasanya sudah ada Bahasa Indonesia ( bukan berarti rom yang tidak dapat bahasa indonesia abal abal )

2. ROM STABLE (recommended)

Room stabil china

ROM Resmi yang di buat oleh pengembang MIUI resmi, Sangat di rekomendasikan untuk memakai rom ini karena sedikit kemungkinan terdapat bugs, tidak ada bloatware dan pada umumnya akan update antara 2 minggu sampai 1 bulan atau bisa lebih.
ada 2 versi ROM STABLE ini yaitu : Stable china dan Stable global

Ciri Ciri ROM Stable China
Tidak ada Google apps seperti Playstore dan aplikasi google lainya. karena layanan google tidak tersedia disana ( tenang bisa di instal kok ) Tidak ada bahasa Indonesia, hanya English dan China karena di peruntukan untuk pengguna sana,Dapat update versi otomatis,Lebih Stabil ( karena itu nama nya stabil )

Ciri Ciri ROM Stable Global
Aplikasi Google tersedia seperti Playstore, Gmail dsb,Sudah ada Bahasa Indonesia,dapat update otomatis

Versi MIUI untuk Stable ROM adalah 4 angka contoh : MIUI8 8.0.3.0


3. ROM Developer (Dev)


room dev
ROM yang di kembangkan juga oleh developer resmi MIUI, Jika kamu menginginkan rom dengan fitur fitur terbaru karena ROM ini sangat rutin update nya bisa 1 minggu sekali, kamu bisa dapat versi rom yang sangat bagus dan jika ada update lagi bisa dapat rom yang tidak ada bugs nya, semua itu pasti ada kelebihan dan kekurangan.
Sama dengan versi stable ada 2 versi yaitu : Developer china dan Developer global
Ciri Ciri ROM Depelover china dan Global
Biasanya Versi MIUI di awali dengan angka 6.x.x.x
Tidak ada bahasa Indonesia ( Dev China )
Sudah ada Basaha Indoensia ( Dev Global )
Update lebih rutin bisa 1 minggu sekali,banyak fitur terbaru
Tips membedakan ROM dari Versi MIUI
Ingat : Versi MIUI untuk Stable ROM adalah 4 angka contoh : MIUI8 8.0.3.0 dan Depelover ROM 3 angka contoh : 6.10.20 llebih dari yang di tentukan berarti ROM abal abal yang sudah di modifikasi

Dan ntuk mengetahui Versi Android kita bisa di lihat dari Kode ROM nya
Contoh :

V6.10.20.30 KHJMICH < based android KitKat
V8.0.3.0 LAICMNDG < based android Lollipop
V7.2.8.0.MKDHNDB < based android Marshmallow

Saran dari saya pilihlah rom sesuai kebutuhan kamu. jika menginginkan fitur ambil developer, jika kamu gak pengen ribet pilih stable rom saya sendiri menggunakan stable rom. tapi developer ada fungsi nya juga kalau kamu mau Unlock bootloader kamu harus memakai rom dev.kelebihan dan kekurangan pada room tersebut pasti ada.

Demikian artikel yang berjudul jenis room yang dipakai di smartphone xiaomi ini dibuat semoga bermanfaat jika ada masukan,saran atau kritik silahkan cantumkan di kolom komentar.Terima kasih