Jumat, 26 Desember 2014

Install Android Lollypop di PC / Laptop

Room Rom - Kabar baik bagi Androiders yang ingin mencoba Android versi terbaru (Lolly pop). Kini anda bisa mencobanya di Windows PC yang anda gunakan. Karena Android 5.0 saat ini masih terbatas hanya pada beberapa perangkat saja , seperti Nexus (Nexus 4, 5, 6, 7, 9 dan 10). Sedangkan  sejumlah besar smartphone Android masih menunggu (OTA) rilis Lollipop over-the-air di seluruh dunia. Akibatnya, pengguna yang penasaran ingin mendapatkan pengalaman tangan pertama dari update Lollipop dapat mencoba menginstalnya pada PC mereka, dengan menggunakan SDK Android dan Android Virtual Device Manager, sambil menunggu pembuat handset masing-masing untuk meluncurkan versi OEM Android 5.0 Lollipop pada perangkat mereka.

Android Lollypop di PC

Perlengkapan yang dibutuhkan:
  • Sebuah PC berbasis Windows (Windows 7, 8).
  • Pastikan terbaru Java SE Development Kit diinstal pada komputer.
  • SDK Android harus diinstal pada PC Anda. Download versi terbaru dari Android SDK (32-bit atau 64-bit) dari link berikut: developer.android.com/sdk/
Catatan Room rom tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan komputer, selama atau setelah instalasi software yang disediakan. DO WITH YOUR OWN RISK
 
Berikut cara menginstall Android Lollypop di PC / Laptop

Langkah 1: Download paket Android SDK dari link yang diberikan (di atas). Jika Anda menggunakan versi file zip, kemudian ekstrak isinya ke folder. Namun, jika Anda men-download executable (exe) file setup, menjalankan setup dan pilih direktori untuk menginstal SDK Android.
Langkah 2: Sekarang jalankan Android SDK Manager (SDK Manager.exe) dari folder yang berisi file diekstrak, atau klik dua kali '.exe' file setup.
Langkah 3: Software Android SDK Manager akan mulai berjalan dan berbagai tool beserta API akan menjadi diakses. Tapi, Anda hanya perlu memilih dua item di sini: SDK Platform Android-alat dan Android 5.0 (API 21). Jika Anda memiliki koneksi internet lambat, lanjutkan ke langkah 4, lain lompat ke langkah 5.
Langkah 4: Memperluas Android 5.0 (API 21) bagian untuk melihat daftar file. Untuk menjalankan emulator, anda tidak memerlukan semua file. Hapus tanda centang semua file kecuali:
  • Platform SDK
  • ARM EABI V7A System Image
  • Google API
  • Google API ARM EABI V7A System Image
Gulir ke bawah dan patikan tidak ada item lain yang dicentang (supaya tidak lama dalam mendownload)
Langkah 5: Setelah Anda memverifikasi daftar item (seperti yang terlihat dalam daftar di atas), tekan tombol Install.
Langkah 6: Sebuah deskripsi singkat dari paket yang akan diinstal akan muncul di layar, dan Anda akan diminta untuk menerima lisensi dan kesepakatan untuk melanjutkan. Kemudian klik Install untuk mulai men-download semua file yang dibutuhkan untuk menjalankan Android 5.0, dan sekali download, maka secara otomatis akan didownload semua pada PC Anda.
Langkah 7: Setelah download selesai dan tool-tool diinstal, buka folder Android SDK dan jalankan AVD Manager.exe 
Langkah 8: Ketika program diluncurkan, tekan tombol Buat, dan Anda akan melihat "Buat Virtual Device baru Android (AVD)" jendela pop-up.
Langkah 9: Isi rincian yang diperlukan, pilih perangkat dari daftar sebagai hardware virtual Anda, dan akhirnya menetapkan target sebagai 'Android 5.0 - API Tingkat 21' dalam kasus itu tidak diatur secara default CPU / option ABI harus membaca ARM. (armeabi-V7A).
Catatan: Sangat disarankan agar Anda tidak mengubah nilai default yang disarankan oleh Manajer AVD. Tapi, jika memiliki PC yang memiliki sedikit memori, maka rubah settingan memori (ram)nya sesuai yang dianjurkan. (biasanya dibagian bawah ada saran penggunaan settingan memori)
Langkah 10: Setelah AVD baru dibuat, tekan tombol OK untuk menyimpan dan menutup jendela.
Langkah 11: Kemudian jalankan Manager AVD lagi,  dan tekan tombol Start.
Langkah 12: Setelah jendela Launch muncul, memungkinkan anda untuk merubah tampilan Skala ke pilihan ukuran nyata, kecuali jika Anda ingin menjalankan emulator di layar penuh. Anda dapat mengubah sisa pengaturan nanti, tapi untuk saat ini, tekan tombol Launch.
Catatan: Anda mungkin akan mengalami kegagalan, mengingat rilis masih versi beta. Jika masalah tersebut muncul, cukup reboot PC Anda, dan ikuti langkah 7 sampai 12 lagi.
Mungkin butuh beberapa waktu untuk boot up Android secara virtual, tetapi sekali dilakukan, Anda dapat menikmati Android OS Lollipop pada PC Anda dengan lancar. 

Mungkin langkah-langkah untuk menjalankan emulator android menggunakan Android SDK agak sedikit ribet dibandingkan emulator android lainnya seperti Bluestack atau youwave. Tetapi Android SDK adalah emulator android yang resmi dikeluarkan oleh android, jadi lebih update daripada yang lain. Tetapi bagi developer android, emulator ini sangatlah diperlukan. 

Semoga bermanfaat.....