Senin, 17 November 2014

Cara menjadikan Smartphone Android menjadi CCTV

Room Rom - Kamera CCTV saat ini banyak dipergunakan, terutama untuk tempat2 yang rawan sekali dengan tindak kejahatan. Anda bisa merekam kejadian yang sudah terjadi di tempat yang sudah dipasang CCTV. Untuk dapat memasang alat tersebut, anda harus siap mengeluarkan uang yang lumayan tidak sedikit. Tetapi jangan khawatir bagi temen2 androiders yang mau nyobain rasanya mengontrol suatu tempat dengan CCTV, ada cara yang lebih hemat. Cukup bermodalkan Ponsel Android dan PC/laptop yang mempunyai jaringan wifi, anda pun bisa mencobanya. Caranya pun sangatlah mudah, simak caranya berikut ini



Cara mengubah Android menjadi CCTV:

Alat
Aplikasi CCTV android
IP Cam
  • 1 buah smartphone android
  • 1 unit PC / laptop yang mempunyai jaringan wifi
Bahan:
  • IP cam (Aplikasi CCTV yang akan diinstall di Android) bisa didownload di Play Store
  • VLC / browser (untuk membuka tempat yang sedang dimonitor oleh Android)

Langkah-langkah menjadikan android sebagai kamera CCTV:1.    Pastikan  fasilitas Tethering WiFi hotspot Sharing pada ponsel Android aktif.
2.    Install Aplikasi IP cam yang tadi sudah didownload
3.    Jalankan aplikasi IPCam tersebut kemudian pilih Start server di pilihan paling bawah. atau jika ingin mengatur settingan2 kamera, anda bisa mengatur sesuai selera masing2 disettingan bagian tersebut.
4. Setelah start server dipilih, maka akan keluar tampilan dari kamera android anda. Dan disitu akan ada alamat servernya. Contoh seperti gambar dibawah
5. Sekarang saatnya untuk membuka kamera tersebut di PC / Laptop. Caranya, ketikkan alamat server yang tadi tertera di tampilan kamera IP cam. Anda bisa membukanya dengan berbagai cara, tetapi disini saya akan membahas dengan menggunakan VLC dan Browser saja.
Sebelumnya hubungkan wifi PC ke hotspot Perangkat android anda. Berikut 2 cara untuk membuka IP cam di PC/ laptop anda:
  • Cara di VLC
  1. Klik media di bagian paling kiri
  2. Buka dengan stream jaringan
  3. Ketikkan alamat server tadi

  • Cara di Browser
  1. Ketikkan alamat server tadi di address bar
  2. Di bagian renderer & audio pilih sesuai supportnya Komputer anda. Disini saya memilih flash

Mozilla CCTV
Membuka IP cam di Browser
 6. Simpan perangkat android anda di tempat yang ingin dilihat/dimonitor dari PC / laptop anda, dengan catatan tempat tersebut masih terjangkau oleh jaringan wifi anda.

Demikian Cara untuk menjadikan Android menjadi CCTV. sangat mudah bukan?? Ingat, gunakan Tips berikut dengan bijak.. jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif. Kami tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan Tips diatas. 
Semoga bermanfaat......